Pengaturan Kegiatan Nataru 24 Desember 2021 s/d 2 Januari 2022

Surat Edaran Walikota Tanjungpinang Nomor 443.1/1483/6.2.03/2021
Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kota Tanjungpinang

Menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 (Nataru) dan Dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Masa Pemberlakuan Tanggal 24 Desember 2021 samapi dengan tanggal 2 Januari 2022

- Optimalisasi fungsi Satgas Covid-19 di Kecamatan, Kelurahan, RT/RW (mulai 20 Desember 2021)
- Menerapkan Prokes, dengan pendekatan 5 M dan 3 T, dan optimalisasi Posko Penanganan Covid-19 di Kelurahan.
- Percepatan vaksinasi terutama vaksinasi Anak 6-11 tahun dengan target 70% dosis 1 total sasaran dan target 60% dosis 1 lansia
- Perayaan tahun baru di lingkungan keluarga, tidak dibenarkan melakukan kegiatan/aktivitas perayaan tahun baru yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan menghindari perjalanan.
- Melarang pawai, arak-arakan, kembang api, acara Old and New Year, baik terbuka atau tertutup yang berpotensi menimbulkan kerumunan.
- Meniadakan perayaan Nataru di pusat perbelanjaan dan Mall, kecuali pameran UMKM.
- Kegiatan di Lingkungan pendidikan mengacu pada ketentuan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.
- Pengawasan Prokes pada lokasi gereja, area publik, pusat perbelanjaan/Mall/pusat perdagangan, makan/minum ditempat umum, pertandingan Olahraga, Resepsi Pernikahan/ Hajatan. Pasar Tradisional/PKL/toko kelontong/usaha lainnya. rapat/seminar/pertemuan luring, dan usaha Pariwisata. Pada tanggal 31 Desember 2021 tempat hiburan beroperasi hanya sampai pukul 22:00 WIB.
- Kegiatan perkantoran Pemerintahan?K/L/Pemda, BUMN/BUMD/Swasta, Industri diberlakukan 100% dengan Prokes Lebih Ketat, namun apabila ditemukan klaster Covid-19 harus menerapkan WFH dan WFO
- Sektor Esensial (kesehatan, bahan pangan, makanan, minuman, energi. komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, perbankan, sistem pembayaran, pasar modal, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, proyek vital nasional, tetap dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas dan penerapan prokes lebih ketat.
- Kegiatan konstruksi dapat beroperasi 100% dengan Prokes lebih ketat.
- Transportasi umum dapat beroperasi dengan pengaturan kapasitas, jam operasioanal, dan Prokes lebih ketat.
- Persyaratan perjalanan domestik menggunakan Kendaraan Pribadi dan Transportasi Umum jarak jauh sesuai dengan ketentuan Satgas Covid-19 Nasional
- Tetap memakai masker, tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa masker, serta penggunaan Alikasi Peduli Lindungi.
- Walikota Tanjungpinang didukung penuh oleh DPRD Kota Tanjungpinang, TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri dalam koordinasi dan pengawasan pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 periode Nataru.
- Seluruh elemen masyarakat melaksanakan pengetatan aktivitas dan edukasi Covid-19